Sunday, March 01, 2009

Serba Serbi berjualan.

Udah lama sejak kepindahan saya dari Bontang gak pernah lagi berjualan makanan apalagi ikutan bazaar.
Kalaupun berjualan makanan ya jelas ke kalangan tertentu ajah bukan untuk khalayak luas, itupun kalau lagi mood.

Ketika di Bontang , jelas sudah siapa pasarnya, selain temen2 sekomplex, yang nota bene kenalan kami, juga suami, yang diluar komplex juga biasanya emang bukan masyarakat umum.
Juga dengan lokasi rumah kami dimana, biasanya orang tau siapa kita.
Bukan mau gila hormat tapi adalah suatu timbal balik untuk saling menghargai.
Baik pembeli maupun yang penjual, agar hubungan jual belipun sama sama enak.

Kalau jualan per order biasanya lewat telpon, dan biasanya kalau orangnya gak kenal dan "rada2", saya tolak dengan halus dan dengan berbagai alasan.
Kadang meskipun ibu manager sekalipun kalau cara ngomongnya kayak nyuruh pembantunya, lebih baik saya gak trima.
Inget ajah ketika ada yang pesen Black Forest jaman itu, si ibu manager ketika trima kuenya langsung komen :
+ wah kalau bu Sari tuh kuenya melebar, ini kok kecil seh ?
- Lha ibu pesennya berapa cm ?
+ 26 cm seh.
- Lha kalau 26 cm, ya sama atuh bu, juga lebih untung kalau saya bikinkan meninggi berarti lebih banyak dong..
+ Engga begitu, saya biasanya yang pendek tapi lebar..
- Kalau lebarnya sama kan untung yang ini tho bu, tinggi..
+ Engga saya suka yang pendek melebar ajah..
- Kalau gitu bu, lain kali pesen ajah ama Sari deh, kan ibu yang pesen ama saya juga bukan saya yang nawarin lho, soale saya khasnya begini gak bisa disama samain...
*jutek abis dan sebel..., abis dikasih kue lebih tinggi kok gak mau dan ngeyel kue saya lebih kecil, padahal sama2 26 cm*

Lama setelah itu si bu ini mau pesen lagi ama aku, udah sadar kali kalau ternyata kue aku itu lebih banyak, lebih tinggi. *kalau ditimbang emang beda 250 gr.*
Aku dah patah arang...gak pernah mau dipesenin ama orang ini lagi ampe blio pensiun...
Segitunya... tapi ya gitu lah kalau jualan karena hobby, kalau rewel2 silahkan beli ama orang lain, males kalau kudu ngelayanin yang rewel2..., lagian yang saya jual bukan sesuatu yang pasaran seh...*belagu dikit ah*

Pernah ada yang rantangan ama diriku, lupa masukin sambel, lha dia nulis nota dengan juteknya huruf besar semua : "HARAP JANGAN LUPA SAMBELNYA TIAP HARI"
Bacanya ampe mau kelenger rasanya...
Kebetulan ponakannya juga ngerantang ama diriku, langsung malu banget dan nelpon aku minta maaf...
Saya juga langsung kasih surat balik, terima kasih selama ini dah ngerantang ama kami, hanya mulai besok kami gak bisa melayani rantangan lagi, terima kasih.
Pundung ceritanya tapi rasanya kayak dilecehkan deh jadi manusia, emang pembeli raja, tapi ya kalau orang jawa bilang ojo ngono men tho ya...

Tapi dilain cerita seh yang rantangan ama aku hampir 10 tahun ya ada, yang bertahun tahun sampai pindah juga ada, tapi yang aneh2 juga ada...
Yang lucu ada yang minta porsi rantangan terkecil tapi tolong yah kalau sayur atau soto kasih kuahnya yang banyak yah....
*ketahuan OGI nya*

Lalu...kemarin terjadi lagi hal yang seperti itu...
Pas bazaar saya rasanya udah siap mental tapi ternyata engga banget.
Untung Rika disebelah sabar banget dan bisa menolong saya ketika saya down.
Ada pembeli yang nota bene blue color worker orang Indo, kayaknya pekerja di kontraktor, sangar dan bujang.
Pesen makanan kayak pesen di warung tegal ajah, udah gitu abis pesen makanan dia pesen minum nyuruhnya beneran kayak nyuruh babu deh : "mbak minumannya dong, bawa sini", dengan nada yang duhhhh....

Photobucket
Yang bikin mata sepet tuh juga mereka abis makan saya minta tolong buang ajah piringnya di tong sampah *lihat foto kami itu berapa jauh coba tempat sampah ? deket kan ?
Eh malah melengos pergi...
Yang satu malah komen : ya si mbak ajah yang buangin...
*sambil ditaruh dimeja jualan kami*
duh.....

Attitude warung tegal dibawa kesini rupanya...
Apa dikira yang jualan dibazaar ini para TKW semua atau gak tau kalau ibu2 seh ?
Sayang banget si mbah lagi bikin foto sana sini jadi gak sempet ngawal bininya, yang ada aku langsung pucet pasi berasa banget mau pengsan...
Ya schock ya capek.....

Begitu si mbah datang aku langsung ngeluh, kayaknya gak cocok deh kalau gw harus ngeladenin semua umat, udah bukan lagi gw... jaman dulupun juga pasarnya bukan umum tapi orang2 komplex atau orang2 luar komplex yang emang pilihan bukan masyarakat luas...
Rada pengen pulang ajah rasanya kalau gak inget temen2 yang masih pesen, saat itu.
Tapi alhamdulillah ketika si mbah nemenin aku jualan, juga kebanyakan temen2 kami yang beli, golongan blue colornya rada sopan dan mulai mengerti bagaimana harus bersikap.
Yang tadinya sembarangan ajah nongkrong di "corner" sebelah Rika yang emang disediakan buat yang makan, lama2 mereka nyingkir juga....dan ganti teman2 kita yang duduk disana...
Mulailah nyaman aman terkendali, aku kembali nyaman jualan, juga ketika pak Duta dan Ibu berkunjung, suasana jauuuuhhhh lebih comfortable lagi, hingga akhir acara...
Lupa akhirnya saya akan sedikit prahara tadi.
Keinget barusan ketika ada satu telpon dari temennya Nurul ex part time aku nanyain sesuatu dengan suara yang kenceng dan tanpa sopan santun...
kaget lagi judule...
tapi alhamdulillah udah clear juga...
Ada2 ajah deee.....

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home